Senin, 21 Maret 2011

Packet Sniffing

Packet sniffing adalah bentuk kawat-tap diterapkan pada jaringan komputer bukan jaringan telepon. Itu datang menjadi mode dengan Ethernet, yang dikenal sebagai jaringan "bersama media". Ini berarti bahwa lalu lintas di segmen melewati oleh semua host yang melekat pada segmen tersebut. Ethernet card memiliki filter yang mencegah mesin host dari melihat lalu lintas yang ditujukan ke stasiun lain. Program Sniffing mematikan filter, dan dengan demikian melihat lalu lintas everyones.

Jaringan saat ini semakin mempekerjakan "switch" teknologi, mencegah teknik ini dari yang berhasil seperti di masa lalu. Hal ini masih berguna, meskipun, seperti yang menjadi semakin mudah untuk menginstal program sniffing remote di server dan router, melalui mana banyak arus lalu lintas.

Hari jaringan sudah dapat mengandung built-in modul sniffing. Hub Kebanyakan mendukung standar RMON, yang memungkinkan penyusup untuk mengendus jarak jauh menggunakan SNMP, yang memiliki otentikasi yang lemah. Banyak perusahaan mempekerjakan Jaringan Associates "Distributed Sniffer Server", yang diatur dengan mudah untuk menebak password. Windows NT mesin sering memiliki "Jaringan Monitoring Agen" diinstal, yang lagi-lagi memungkinkan untuk remote sniffing.
  
Paket sniffing sulit untuk mendeteksi, tapi bisa dilakukan. Tapi kesulitan dari solusi berarti bahwa dalam prakteknya, hal ini jarang dilakukan.

Popularitas paket sniffing berasal dari kenyataan bahwa ia melihat segalanya. Item khas mendengus meliputi:

SMTP, POP, IMAP lalu lintas
     Memungkinkan penyusup untuk membaca e-mail yang sebenarnya.
POP, IMAP, HTTP Basic, Telnet otentikasi
     Membaca password dari kawat yang jelas-teks.
SMB, NFS, FTP lalu lintas
     Membaca file dari kawat.
SQL databse
     Membaca transaksi keuangan dan nomor kartu kredit.

Tidak hanya bisa sniffing membaca informasi yang membantu masuk ke sistem, itu adalah penyusupan dengan sendirinya karena membaca sangat file penyusup ini tertarik

Teknik ini dapat dikombinasikan dengan transimission aktif untuk serangan yang efektif bahkan lebih.

IP spoofing
     Ketika program sniffing pada segmen antara dua titik akhir berkomunikasi, penyusup dapat meniru salah satu ujung untuk membajak koneksi. Hal ini sering dikombinasikan dengan penolakan layanan (DoS) serangan terhadap alamat palsu sehingga mereka tidak mengganggu lagi.
mentah mengirimkan
     Memungkinkan abonormal lalu lintas yang dihasilkan, seperti banjir TCP SYN, fragmen tumpang tindih, fragmen ilegal, dan sidik jari TCP. Serangan terbaik adalah fragmentasi parah, yang fragmen header TCP untuk mencegah firewall dari penyaringan dengan nomor port.

Alat Packet sniffing biasanya ditulis oleh hacker. Ada banyak ekstensi untuk menarik data yang diinginkan dari jaringan. Yang paling populer adalah program sniffing password.


cara kerja packet sniffing
Packet sniffer menangkap "biner" data melewati jaringan, kebanyakan jika tidak semua sniffer yang layak "decode" data ini ke bentuk yang dapat dibaca manusia. Untuk membuatnya bahkan lebih mudah (bagi manusia) langkah lain terjadi yang dikenal sebagai "analisa protokol". Ada berbagai tingkat analisis yang terjadi, ada yang sederhana, hanya mendobrak "paket" informasi. Lain lebih kompleks memberikan "rinci" informasi tentang apa yang dilihatnya pada paket (yakni, menyoroti password untuk layanan a).

Satu hal yang sangat penting (dan sangat sederhana) untuk dipahami adalah bahwa sniffer harus pada "kawat" yang sama di mana data tersebut berpergian ke. Secara singkat "probing" perangkat yang "menangkap" memiliki data yang akan di kawat yang sama. Data kemudian dapat diteruskan ke komputer decoding pada jaringan yang berbeda.

Situasi: Bob dan John terlibat dalam sesi chatting. Anda berada di kota yang jauh terpisah dari tempat kedua orang itu berada. Bob dan Yohanes sedang berbicara rincian rahasia atas pada kesepakatan kokain. Anda (warga negara yang patuh hukum) mereka memutuskan untuk mengendus sesi chat (dari lokasi Anda) untuk membantu FBI payudara Bob dan John.

Jawaban yang sederhana adalah Anda TIDAK BISA melakukan itu karena Anda tidak memiliki akses ke jalan yang data perjalanan dari! Tentu saja jika Anda hacker baik (atau juga Cracker) maka Anda bisa menginstal sebuah Trojan di komputer Bob atau John's dan menjalankan sniffer dari sistem mereka, sehingga sniffer itu sendiri ada di kabel yang sama.


source:http://www.iss.net/security_center/advice/Underground/Hacking/Methods/Technical/Packet_sniffing/default.htm
http://www.surasoft.com/articles/packetsniffing.php  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar